Sehat dan Waktu

Dalam 1 bulan ini, musibah ataukah cobaan dari Allah. Setelah musibah gendang telinga pecah, disusul dengan hidung terasa mampet. Setelah saya cross check di internet. Kemungkinan sinus.  Baru kemungkinan.karena saya selalu berharap penyakit yang diderita saya bukan itu. Tapi saya  berharap hanya sekedar pilek biasa.

Sungguh selama ini, telah menyia-nyiakan waktu dan kesempatan di saat sehat. Sewaktu sakit, terasa susah untuk melaksanakan ibadah dengan kusyu. Yang dirasa adalah menahan rasa sakit dan berpikir untuk segera sembuh. Pantas saja Rosulullah bersabda : “Barangsiapa di antara kamu masuk pada waktu pagi dalam keadaan sehat badannya, aman pada keluarganya, dia memiliki makanan pokoknya pada hari itu, maka seolah-olah seluruh dunia dikumpulkan untuknya.” (HR. Ibnu Majah, no: 4141; dan lain-lain; dihasankan oleh Syaikh Al-Albani di dalam Shahih Al-Jami’ush Shaghir, no: 5918).

Dari Ibnu Abbas, dia berkata: Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda: “Dua kenikmatan, kebanyakan manusia tertipu pada keduanya: kesehatan dan waktu luang”. (HR. Bukhari, no: 5933)

Allah berfirman : “Dan jika kamu menghitung-hitung nikmat Allah, niscaya kamu tak dapat menentukan jumlahnya. Sesungguhnya Allah benar-benar Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.”(QS. 16:18)

Kini saya menyadari, betapa hadist Rosulullah yang disampaikan lewat Ibnu Abbas, sungguh benar-benar dirasakan.

Mudah-mudahan Allah mengangkat penyakit saya, menyembuhkan penyakit saya dan tidak menyia-nyiakan waktu sehat. Begitu juga dengan keluarga, kaum muslimin dan muslimat.

Aamiin.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: